WELCOME TO LAYARSTONE KAMPUNG MEDIA

Sabtu, 05 Januari 2013

BEKERJA, BERMAIN, BELAJAR, BERSAMA



Usai menjalankan liburan Semester Ganjil yang dirangkai dengan kemeriahan menyambut Tahun Baru 2013, kini siswa-siswa kembali ke bangku sekolah untuk belajar. Ya, kali ini mereka akan memasuki semester Genap. Namun, dari berbagai pantauan, terlihat beberapa madrasah atau sekolah yang masih belum aktif dalam melaksanakan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) sebagaimana mestinya. Sudah menjadi tradisi pendidikan, usai libur biasanya sekolah tidak langsung mengaktifkan siswa-siswinya.
Hanya sekedar melakukan kegiatan kebersihan di lingkungan sekolah, kelas, halaman dan lainnya.
Itulah yang telihat pada Madrasah Tsanawiyah Satu Atap (MTs-SA) Al-Qur’aniyah Desa Sandik dan Madrasah Ishlahul Muslimin Desa Senteluk. Dari gambar dapat dipahami keberadaan siswa yang biasanya belajar, namun untuk kesempatan ini mereka masih banyak bermain, ngobrol atau ngerumpi sesame teman-teman sebayanya. Kali aja mereka saling menayakan bagaimana perayaan Tahun Baru 2013.
Di Madrasah Tsanawiyah Satu Atap (MTs-SA) Al-Qur’aniyah, beberapa siswa mengisi kegiatan sekolahnya dengan bermain sepak bola di halaman sekolah, sedangkan siswi ngerumpi sesame teman lainnya. Di satu sisi, Kepala Madrasah dan beberapa guru terlihat sibuk mengurus bendelan map siswa kelas III MTs untuk pendataan. Maklum, siswa-siswi kelas III MTs akan menghadapi Ujian Nasional.
Adapun di Madrasah Ishlahul Muslimin terlihat juga hal yang sama. Saat ditanya mengapa guru-guru belum banyak yang datang ke sekolah? Hasbiawan, Tata Usaha Sekolah mengatakan belum mengetahui kondisi atau keberadaan guru hingga kini belum masuk sekolah. Salah seorang guru Ishlahul Muslimin menanggapi jika telah dilakukan rapat evaluasi, baru siswa atau pembelajaran akan aktif. Jadi penyesuaian jadwal perlu diverifikasi ulang. Demikian komentar salah satu guru yang bertugas di Madrasah Senteluk Kecamatan Batulayar tersebut.